HEADLINE
latest

1 Safar 1445 H Besok Jumat 18 Agustus 2023 dan Doa Awal Bulan Safar


NU Kudus- Alhamdulillah, tahun 1445 H akan memasuki bulan Safar. Bulan yang jatuh setelah Muharram memiliki keistimewaan. Di akhir bulan Safar umat islam di Indonesia mengenal kearifan lokal berupa Rebo Wekasan. 

1 Safar 1445 H jatuh di hari Jumat Legi, 18 Agustus 2023. Hal ini berlandaskan Surat Keputusan Lembaga Falakiyyah NU Nomor 040-LF-PBNU/VIII/2023.

Dilansir dari laman resmi NU Online awal bulan Safar di hari tersebut karena pada saat rukyatul hilal tanggal 16 Agustus 2023 hilal masih belum tampak. 

" Berdasarkan minimal lima metode ilmu falak qath iy maka pada Rabu Wage 29 Muharram 1445H/16 Agustus 2023 M kedudukan hilal di Indonesia adalah di bawah ufuk (wilayah timur) dan di atas ufuk (wilayah barat). 

Atas dasar tersebut maka awal bulan Shafar 1445 H bertepatan dengan Jumat Legi 18 Agustus 2023 M (mulai malam Jumat) atas dasar istikmal.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga menghimbau kepada warga Nahdliyin dimanapun berada untuk mengamalkan doa awal bulan Safar. 

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kemudahan dan keselamatan selama bulan yang akan dilalui. Adapun amalan doa yang bisa diamalkan adalah berikut ini. 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Arab-Latin: Allahumma ahillahu 'alayna bil-amni wal-iiman, was-salaamati wal-Islam, wat-tawfiqi limaa tuhibbu wa tardaa. Rabbuna wa Rabbukallahu.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah bulan ini hadir untuk kami dengan keamanan, iman, keselamatan, Islam, dan taufik untuk apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhanmu adalah Allah."

Itulah pengumuman sekaligus amalan yang bisa dijadikan landasan bagi warga Nahdiyin untuk memasuki bulan Safar 1445 H. (Mu'ayyadah). 


« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID