HEADLINE
latest

Doa Awal Bulan Ramadhan




Bulan ramadhan menjadi momentum mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Allah SWT. Persiapan lahir batin dalam menyambutnya tidak luput dari perhatian. Umat islam berbondong-bondong menggapai kemuliaan di bulan suci ini. Saat diumumkan awal ramadhan oleh pemerintah yang jatuh pada hari Ahad Wage 03 April 2022 M berdasarkan dua metode hisab dan rukyat.

Masih ada waktu untuk lebih siap menyambut ramadhan, salah satunya adalah berdoa di awal ramadhan. Doa tersebut diilhami dari anjuran Rasulullah SAW untuk memohon kepada Allah SWT. Berikut ini doa Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani Ad-Dailami.

 اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

(Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.)

Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Doa tersebut didasarkan pada catatan kecil atau syarah singkat yang ada dalam sebuah hadis yang dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam diterbitkan di Madinah oleh Maktabah At-Thayyibah di halaman 108. Adapun hadisnya itu adalah

 وأخرج: أنه صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول إذا دخل شهر رمضان اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ 

Artinya, “Rasulullah SAW bila telah masuk bulan Ramadhan berdoa, ‘Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī,’” (HR At-Thabarani dan Ad-Dailami).

 

Riwayat lain menyebutkan dalam menyambut 1 Ramadhan dianjurkan untuk berdoa berikut ini. Adapun doa berikut ini adalah permohonan Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad adalah sebagai berikut:

 وأخرج أحمد: أنه صلىالله عليه وسلم كَانَ يقول إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ: اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Artinya, “Rasulullah SAW jika melihat bulan berdoa, ‘Allāhu akbaru, lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīmi. Allāhumma innī as’aluka khaira hādzas syahri, wa a‘ūdzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari,” (HR Ahmad). (Mu'ayyadah).

Sumber: https://islam.nu.or.id/doa/doa-awal-bulan-ramadhan-rkBAF


« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID