HEADLINE
latest

Ziarah 10 Wali, Ansor Klumpit Napak Tilas Perjuangan Ulama


PR GP Ansor Desa Klumpit gelar ziarah dan wisata religi ke Magelang pada weekend (22-23/1) yang lalu. Ziarah bermula dari Sunan Kudus, Sunan Kalijaga (Demak) hingga Syeh Subakir (Magelang).

“Selain berwisata menikmati pemandangan alam yang luar biasa di Gunung Tidar, kami bisa berziarah di sejumlah tempat dalam satu jalur. Ziarah ini juga bagian dari napak tilas perjuangan ulama terdahulu untuk menyebarkan agama Islam,” ucap Hamdan Wahyudi, Kasatkorkel Ansor Desa Klumpit.

DOAKAN ULAMA: PR GP Ansor Klumpit, Kudus, berziarah ke Makam Mbah Siraj, Payaman, (22/1). Lalu berfoto dengan sahabat Ansor dari Lampung.

“Dan juga mengecek kekuatan para sahabat untuk naik sampai atas atau tidak, apalagi  lama para sahabat tidak pernah aktivitas naik gunung,” tambahnya.

Sebanyak sepuluh tempat ziarah dikunjungi. Tiga diantaranya, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Syekh Jumadil Kubro Semarang. Sisanya berada di Magelang semua, sebut saja Mbah KH Nur Muhammad Salaman, Mbh KHR Ma’shum Tempuran, petilasan Syekh Subakir Gunung Tidar, Eyang Semar Ismoyojati, Mbah KH Siraj Payaman, Mbah Kulhu, Sunan Geseng Grabag.

Ketua PR Ansor Desa Klumpit M Nailul Falah menjelaskan bahwa selain tawasul, juga untuk mengakrabkan kembali para kader agar dalam berorganisasi semangat.

“Pada periode jabatan saya kebetulan ada pembatasan di masa pandemi Covid-19, jadi semua kegiatan harus dilakukan secara online, dan itu membuat para kader jenuh,” imbuhnya

“Kebetulan kami disana bertemu beberapa sahabat Ansor/Banser dari berbagai wilayah diantaranya mayong Jepara, malang Jatim, Pringsewu lampung. Kami saling bertukar informasi dan saling sapa bahkan saling tag di media sosial,” tandasnya. (UR/AR)

« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID